▴YouTube Official subscribe dan like▴ Hebat! TIM TIK MTsN 2 Sidrap Ciptakan Games Dengan Stratch

Gambar : Foto kegiatan siswa melakukan praktik pembuatan games
Pangkajene (Humas Sidrap) - Senin (20/10) Dalam rangka meningkatkan literasi digital dan kreativitas siswa di bidang teknologi informasi, guru Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Muhammad Jumadil mengadakan kegiatan Bimbingan TIK: Pembuatan Game Sederhana dengan Scratch dilaksanakan di MTsN 2 Sidenreng Rappang yang berlangsung dari 7 – 20 Oktober.
Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan siswa pada dasar-dasar logika pemrograman dan algoritma melalui media pembelajaran yang menyenangkan, yaitu Scratch, sebuah platform pemrograman visual yang dirancang agar mudah digunakan oleh pelajar dari berbagai tingkatan
Menurut Guru pendamping Muhammad Jumadil Selama kegiatan berlangsung, para siswa mendapatkan bimbingan dalam mengenal antarmuka Scratch, memahami fungsi sprite, stage, dan blok perintah, hingga menyusun program sederhana berbentuk game interaktif.
"Melalui aktivitas ini, siswa dilatih untuk berpikir logis, kreatif, dan sistematis. Proses belajar dilakukan secara kolaboratif, di mana siswa bekerja dalam kelompok kecil untuk merancang ide game, membuat alur permainan, serta menambahkan efek suara dan animasi agar hasilnya lebih menarik, "ujarnya.
Selain keseruan dalam membuat game, para siswa juga mendapatkan banyak pengalaman berharga. Mereka belajar tentang pentingnya ketelitian, kerja sama, dan kesabaran saat menghadapi kesalahan dalam program.
Salah satu siswa Amalia Nurnadillah, mengatakan, “Pengalaman berharga ketika mengubah suatu ide menjadi sebuah game yang bisa dimainkan. Rasanya bangga sekali ketika game akhirnya bisa berjalan sempurna dan bisa dinikmati oleh orang lain.” ujar Amalia.
Sementara itu, Ahmad Al Fiazka menambahkan, “Dari kegiatan ini saya belajar dasar-dasar pemrograman, mengembangkan kreatifitas dan melatih dalam pemecahan masalah, "ujarnya.
Selain itu masing-masing kelompok membuat game berdasarkan referensi dan hasil kolaborasi dari kelompok yaitu
Space Shooter dari kelompok 1 (https://scratch.mit.edu/projects/1231082271 ),
Water Boat dari kelompok 2 ( https://scratch.mit.edu/projects/1230995276 ),
Dog Runners dari kelompok 3 ( https://scratch.mit.edu/projects/1231004157 ),
Car racing dari kelompok 4 ( https://scratch.mit.edu/projects/1231001765 ) ,
Soccer dari kelompok 5 ( https://scratch.mit.edu/projects/1230987670 ),
Final lapp dari kelompok 6 ( https://scratch.mit.edu/projects/1230991288 ), dan
Bola pantul dari kelompok 7 ( https://scratch.mit.edu/projects/1230992686 )
Dari berbagai game yang berhasil dibuat, beberapa karya menonjol karena ide dan tampilannya yang menarik. Game “Life Underwater” menjadi favorit karena menghadirkan petualangan seru di bawah laut dengan tampilan visual yang cerah dan edukatif. Game “Geometry Dash” mendapat banyak pujian karena menantang refleks pemain dengan rintangan yang dinamis. Selain itu masing-masing kelompok membuat game
Kegiatan Bimbingan TIK Pembuatan Game Sederhana dengan Scratch ini menjadi bukti nyata bahwa pembelajaran teknologi dapat dilakukan secara kreatif, menyenangkan, dan bermakna. Melalui kegiatan ini, siswa tidak hanya belajar tentang pemrograman, tetapi juga mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kolaborasi, dan inovasi. Kegiatan ditutup dengan sesi refleksi, di mana siswa menyampaikan pengalaman belajar mereka dan harapan agar kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan sebagai wadah untuk mengasah kreativitas dan keterampilan digital di masa depan





